Rabu, 12 Februari 2020

Makanan Kucing Hamil dan Pantangannya

Makanan kucing sangat berpengaruh terhadap kesehatan kucing. Jika Anda ingin kucing memiliki kesehatan yang bagus maka Anda bisa menggunakan pakan yang berkualitas. Saat ini banyak orang yang menyukai memelihara kucing. Sifatnya yang lucu dan menggemaskan membuat kucing ini sering dijadikan sebagai teman bermain bagi anak dan keluarga. Kucing juga mudah dilatih sehingga akan mudah untuk diarahkan. Selama ini banyak cat lover yang memberikan pakan berupa daging atau ikan yang diberikan secara langsung namun karena kesibukan banyak yang kemudian memberikan makanan kemasan. Jika jeli dalam memilih maka makanan kucing kemasan akan tetap bergizi dan menyehatkan bagi kucing yang memakannya.


Makanan Kucing Hamil  

Pada kesempatan kali ini akan dibahas tentang makanan kucing hamil. Sama halnya dengan kucing menyusui bahwa ketika kondisi hamil kucing ini membutuhkan pakan yang tepat dan berbeda dibandingkan dengan kucing normal. Salah pemberian pakan hanya akan membuat kucing Anda mengalami berbagai macam masalah kesehatan yang membahayakan bagi kehamilan kucing tersebut. Ciri kucing yang sedang hamil adalah muncul kelejar susu dengan warna merah muda, selera makan menjadi bertambah banyak, dan perut menjadi melebar. Pakan yang diberikan ke kucing hamil ini harus lebih bergizi dibandingkan dengan sebelumnya.

Untuk kucing yang sedang hamil ini akan lebih baik jika Anda memberikan makanan basah dibandingkan dengan kering kemudian dicampurkan dengan daging atau ikan agar kesehatan mulut dan gigi kucing tidak terganggu. Boleh saja menggunakan makanan kering namun pilihlah yang nutrisinya benar-benar lengkap dan berkualitas.Yang harus Anda ketahui adalah saat awal kehamilan sebaiknya jangan memberikan pakan terlalu banyak karena bisa menyebabkannya obesitas dimana bisa berbahaya bagi kesehatan bayi kucing tersebut. Berikan pakan khusus pakan kucing dewasa bukan untuk anak kucing. Jika berat badan kucing masih kurang Anda bisa menambah porsi makannya saat kucing lapar agar berat badannya menjadi bertambah.

Pantangan Makanan Kucing Hamil

Saat hamil kucing bisa tinggal di tempat yang biasa dan tidak membutuhkan perawatan khusus. Yang berbeda adalah saat akan melahirkan kucing akan menunjukkan perilaku nesting atau bersarang. Anda bisa membantunya untuk menyiapkan sarang dari kardus atau keranjang yang Anda berikan kain kemudian letakkan di tempat aman dan tenang. Dalam merawat kucing hamil ada juga beberapa makanan yang tidak boleh diberikan karena akan mengganggu kesehatan kucing tersebut.

Makanan yang tidak boleh diberikan adalah cokelat, kopi, dan teh. Makanan dan minuman tersebut akan menyebabkan diare, tekanan darah yang tidak normal, keracunan fatal bahkan bisa menyebabkan kerusakan organ kucing yang penting. Kucing juga tidak boleh diberikan anggur karena hal ini akan menyebabkan gangguan  ginjal dimana hal ini pernah dilakukan pada anjing. Lebih baik menjaga makanan dan menghindari pantangannya dibandingkan dengan menemui risiko yang tidak di inginkan.

Demikianlah makanan kucing hamil dan pantangannya yang wajib untuk Anda ketahui, semoga informasi ini bermanfaat.

Related Posts

Makanan Kucing Hamil dan Pantangannya
4/ 5
Oleh