Minggu, 09 Agustus 2020

Cara Menggunakan Disinfektan dengan Baik dan Benar

Dalam pandemi virus corona atau Covid-19 saat ini, kata disinfektan merupakan salah satu yang banyak dicari. Disinfektan adalah salah satu cairan kimia yang memiliki kemampuan bisa membunuh banyak virus. Salah satunya adalah covid-19.

Semua masyarakat dihimbau supaya melaksanakan gaya hidup bersih yang dianjurkan pemerintah seperti rajin membersihkan tempat tinggal, cuci tangan dan juga membersihkan tempat umum dengan cairan disinfektan untuk memutus rantai penularan covid-19 ini.


Membersihkan benda tertentu di tempat umum dengan cairan disinfektan memiliki tujuan untuk kemungkinan tertularnya virus corona dari orang yang membawa virus dan tertular ke orang lain melalui benda tertentu.

Saat ini penggunaan disinfektan di beberapa tempat sudah banyak yang dipakai seperti di perkantoran, tempat ibadah, tempat rekreasi dan tempat-tempat umum lain tempat berkumpul banyak orang.

Nah dibawah ini adalah Cara Menggunakan Disinfektan dengan Baik dan Benar. Silakan disimak apa saja ya.

1. Bahan yang Digunakan

Untuk bisa membuat disinfektan kita harus membuatnya dengan bahan yang benar. Disinfektan adalah cairan yang dibuat dari konsentrasi etanol minimal 60 persen. Dengan konsentrasi tersebut akan secara efektif melarutkan bagian apola pada  dinding virus sehingga dalam sekejal virus akan langsung mati

Bahan selanjutnya yaitu dari golongan klorin misal klorin dioksida, sodium hipklorit atau asam hipoklorit. Dengan memakai bahan klorin diklaim akan mampu menembus dinding virus dan juga merusak virus dengan cepat.

Bahan lain yaitu benzalkonium klorida. Ini masuk kedalam golongan surfaktan kationik yang saat ini memang telah banyak dipakai untuk membuat disinfektan. Tapi anda harus hati-hati karena jika memakai bahan kimia ini secara berlebihan bisa menimbulkan iritasi pada kulit.

2. Ventilasi Ruangan yang akan Disemprot Cukup Baik

Ketika anda akan menyemprotkan disinfektan ini kedalam ruangan maka hal yang perlu anda perhatikan yaitu pastikan ventilasi ruangan cukup baik. Jangan disemprot ketika ruangan tertutup atau pun tidak memiliki ventilasi udara yang baik. Ini bermanfaat untuk keluar masuknya udara.

3. Bisa dengan Mengelap Langsung

Selain disemprot, penggunaan disinfektan yang baik dan benar yaitu dengan cara mengelapnya pada permukaan atau benda secara langsung. Gunakan kain untuk mengelap.

Dengan cara mengelapnya secara langsung ke permukaan benda juga salah satu cara yang efektif dalam membunuh virus.

4. Perhatikan Jumlah dan Batasan Wilayah

Hal yang harus diperhatikan selanjutnya yaitu jumlah dan juga batas wilayah. Ini harus dilakukan saat ingin menyemprotkan disinfektan ke lingkungan tertentu. Anda harus mempertimbangkan batasan jumlah dan daerah yang akan disemportkan disinfektan. Misal menyemprot disinfektuan untuk seterilitas rumah sakit dan ruangan untuk pasien penderita covid-19.

5. Tidak Menyemprot Langsung pada Tubuh

Cara Menggunakan Disinfektan dengan Baik dan Benar selanjutnya yaitu sesuai saran dari WHO yaitu jangan menyemprotkan disinfektan secara langsung ke tubuh. Apalagi mengenai daerah wajah. Ini sangat tidak disarankan karena akan menimbulkan masalah kesehatan pada manusia.

Jika anda membutuhkan jasa semprot disinfektan yang sudah ahli dibidangnya anda bisa menghubunginya di situs suntikrayap.com.

Nah itulah tadi tips Cara Menggunakan Disinfektan dengan Baik dan Benar. Semoga bermanfaat.

Related Posts

Cara Menggunakan Disinfektan dengan Baik dan Benar
4/ 5
Oleh