Selasa, 15 September 2020

Tips Memulai Bisnis Catering Rumahan

 

Di zaman serba instan ini banyak orang lebih memilih berlangganan catering dibanding masak sendiri di rumah. Tidak hanya para ibu yang bekerja, mahasiswa dan juga perkantoran pun banyak yang memilih berlangganan catering. 

Anda yang punya passion bisnis dan berminat untuk usaha di bidang kuliner, bisa mencoba bisnis yang satu ini. Jika punya banyak modal, namun tidak punya keahlian memasak bisa mempekerjakan orang terdekat yang lihai memasak. Namun ada beberapa hal yang harus dipersiapkan sebelum membuka usaha catering. Cateringmami.com membahas banyak sisi tentang dunia catering. 



Menentukan Jenis Catering yang Akan Dilayani

Berikut ini adalah beberapa jenis layanan catering yang bisa menjadi sasaran Anda.
  • Catering Layanan Kantoran
Anda dapat menjadikan kantor sebagai sasaran pemasaran. Nasi yang disajikan biasanya dalam bentuk kotak dengan harga yang bersahabat, namun terlihat mewah. Anda yang bertempat tinggal dengan perkantoran atau kampus, dapat membuka catering dengan bentuk layanan tersebut.
Jika lokasi berdekatan dengan kampus, Anda juga bisa membuka layanan untuk pesanan mahasiswa. Biasanya mahasiswa banyak mengadakan acara, seperti seminar. Mereka akan memesan nasi kotak dalam jumlah yang lumayan. Nah, Anda dapat menyiapkan berbagai menu dengan harga yang varian. 
  • Catering untuk Anak Sekolah
Menu yang disediakan untuk anak sekolah tentu saja berbeda dengan menu untuk acara kantor. Anda dapat mendesain menu semenarik mungkin dengan modal yang minim, namun penuh giji.
  • Catering Khusus Acara Besar
Jika Anda yang memiliki modal besar dan ingin dikenal banyak orang dengan cepat, bisa membuka layanan catering hanya untuk acara besar. Biasanya tidak disajikan dalam bentuk box, tetapi dalam layanan prasmanan. 

Anda bisa membuka layanan catering untuk resepsi pernikahan, seminar, rapat, workshop, dan acara besar lainnya.
  • Catering Khusus Rumahan
Catering ini ini disajikan dalam bentuk box untuk melayani berbagai acara yang diselenggarakan di rumah, seperti arisan, pengajian, dan sebagainya. Terkait menu pun tentu tidak perlu semewah catering untuk acara kantoran. Harganya juga bisa lebih terjngkau. 

Sebelum memutuskan membuka usaha catering, Anda bisa mencari pengalaman terlebih dahulu. Anda bisa menjadi karyawan jasa catering, amati cara kerjanya, bagaimana cara pemasarannya, lalu mantapkan diri untuk membuka catering sendiri. 

Jika Anda sudah mantap, sekarang saatnya memikirkan nama dari usaha catering Anda. Terlihat sepele, tapi nama sangat penting. Carilah nama yang mudah diingat, unik, filosofis, dan kaya akan sejarah. 

Melakukan Riset Pasar

Membuka usaha catering tidak cukup dengan bermodal rasa. Membuka usaha harus dibarengi dengan strategi yang tepat agar orderan bisa segera datang dan juga konsisten. Salah satu dari strategi tersebut adalah melakukan observasi. Ada beberapa keuntungan yang bisa didapatkan, ketika Anda melakukan riset pasar. 
  • Jumlah Pesaing
Alangkah baiknya jika Anda tidak membuka usaha yang sudah banyak terdapat di sekitar tempat tinggal. Jika Anda tetap ingin mengambil usaha di bidang yang sama, tonjolkan sesuatu yang berbeda yang sekiranya tidak dijumpai dari jasa catering milik orang lain. Misalnya melalui menu tertentu, harga, atau kemasan yang lebih menarik. 
  • Target Pasar 
Akan sangat sulit untuk langsung menembus perkantoran. Biasanya mereka sudah memiliki langganan catering sendiri. Untuk pertama,  catering bisa dijajakan ke tetangga, saudara, atau teman. Jika sajian Anda enak, tentu catering Anda akan menyebar dari mulut ke mulut hingga banyak orang yang order. 
  • Menemukan Supplier
Anda bisa mencari pemasok bahan masakan dari tangan pertama langsung. Selain harga murah, biasanya bahan juga lebih segar dan berkualitas. 

Setelah itu, jangan lupa untuk mempersiapkan modal sesuai kebutuhan. Jangan lupa pula untuk mempersiapkan mental. Yups, bisnis butuh modal yang cukup dan juga mental yang tangguh. Jatuh bangun dalam dunia bisnis adalah hal yang biasa.

Itulah beberapa hal yang harus dipersiapkan sebelum Anda memulai bisnis catering rumahan. Semoga bermanfaat

Related Posts

Tips Memulai Bisnis Catering Rumahan
4/ 5
Oleh